Peminat Pelipat Kertas Pemilu Capai 3.000 Orang, KPU Kampar Kewalahan

Nasional

DETIK / Nasional 2 Views comments

Pekanbaru - KPU Kampar hari ini meniadakan pelipatan kertas suara Pemilu 2019. Alasannya karena ada three ribuan orang mendesak ikut andil untuk bekerja melipat kertas suara.

"Kemarin ada three.000 orang antusias ikut andil melipat kertas suara. Hari ini KPU Kampar meniadakan pekerjaan tersebut. Ini setelah ada kesepakatan bersama untuk mencari formasi yang tepat," kata Kepala Devisi Knowledge dan Informasi, Bawaslu Kampar, Edwar dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (15/three/2019).

Edwar menyebutkan, bahwa tadi malam dilakukan rapat koordinasi lintas instansi pasca membludaknya warga ingin terlibat bekerja melipat kerta suara Pemilu. Rapat tersebut dihadiri KPU, Bawaslu Kampar, Pemda Kampar, Kodim dan Polres setempat.

"Hasil rapat itu menyimpulkan hari ini meniadakan pelipatan kertas suara untuk sementara. Pekerjaan ini akan dilanjukan besok, namun dengan batasan jumlah pekerjanya," kata Edwar.

Bawaslu menyarankan kepada KPU Kampar, pekerjaan pelipatan kertas suara tersebut dikerjakan sekitar 300 orang saja dengan membagi menjadi 30 kelompok. Saran ini untuk mempermudah jalanya pengawasan pelipatan kertas suara.

"Itu saran kita. Jika dirasakan masih perlu penambahan oleh KPU, dipersilahkan. Tapi yang jelas tidak akan dilakukan ribuan orang seperti kemarin. Bayangkan saja, kemarin warga yang sudah melipat saja tidak bisa mengumpulkan ke kembali, karena ruangan gedung olah raga di Bangkinang itu sesak manusia. Melangkah saja payah," kata Edwar.


Menurut Edwar, pihak KPU Kampar akan menghitung kembali soal kemampuan setiap orang dalam melipat. Dari sana nantinya, bisa saja akan akan penambahan dari 300 orang yang disarankan Bawaslu. Karena pada 18 Maret pelipatan kertas suara ini harus selesai.

"Ya harus dibatasi jumlahnya, ini untuk mempermudah pengawasan kita dan tim di lapangan. Tidak mungkin dilakukan lagi oleh ribuan orang," tutup Edwar.

Saksikan juga video 'Polda Jabar Pastikan Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu Lancar':

[Gambas:Video 20detik]


(cha/rvk)

Komentar