Madiun berencana bangun tujuh ruang terbuka hijau tahun ini

Lingkungan

Warta Bumi / Lingkungan 23 Views comments

Madiun, Jawa Timur (ANTARA Information) - Pemerintah Kota Madiun berencana membangun tujuh ruang terbuka hijau selama 2019 dalam upaya menghijaukan dan memperindah kota.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto pada Sabtu mengatakan pemerintah kota merencanakan pembangunan ruang terbuka hijau di Nusa Penida, Makam Kelapa Sari, Tlogo Mas, Monumen TGP, Taman Lingkungan Asabri Selo, Jalan Adisucipto dan Jalan Kapten Saputro, serta Jalan Cokrobasonto Kuncen.

Idealnya 30 persen dari luas wilayah kota merupakan ruang terbuka hijau. Pemerintah Kota Madiun, menurut Soeko, saat ini secara keseluruhan sudah membangun 52 ruang terbuka hijau.

"Kalau mengacu rancangan pembangunan jangka menengah daerah, Kota Madiun sudah memenuhi capaian sekitar 19 persen untuk keberadaan RTH dan ini terus ditambah," kata dia.

Selain membangun ruang terbuka hijau baru, pemerintah kota memperbaiki ruang-ruang terbuka hijau yang sudah dibangun, antara lain melalui penanaman pepohonan di area-area tersebut.

Pemerintah kota juga memperbanyak pepohonan di sekitar jalan baru dalam upaya memperindah dan memperindang kota.

Soeko mengimbau warga berperan aktif dalam menjaga ruang terbuka hijau yang sudah ada.

"Masyarakat harus berperan menjaga fasilitas ataupun tanaman yang ada di RTH. Jangan dirusak ataupun dibiarkan," kata dia.

Baca juga: Madiun kini punya Taman Monumen Lokomotif C2606
 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar