Deretan armada angkutan lawas yang pernah populer di Indonesia

Bisnis

Ekonomi / Bisnis 21 Views comments

Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang lahir sebelum tahun 1980 pasti mengenal di antaranya sederetan armada angkutan umum lawas berikut ini, mulai dari Bemo, bus, hingga mini van klasik yang sangat populer pada masanya.

Kendaraan-kendaraan angkutan tempo dulu itu bisa Anda saksikan kembali dalam pameran Indonesia Basic N Distinctive Bus 2019 yang bakal berlangsung di JIExpo, Kemayoran, pada 20-22 Maret ini.

Berikut deretan armada angkutan umum lawas tersebut sebagaimana disampaikan penyelenggara Indonesia Basic N Distinctive Bus dalam keterangannya, dikutip ANTARA Rabu:

Bus roti tawar Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach tahun 1971. (ANTARA Information/Basic N Distinctive Bus)

Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach tahun 1971 ini pernah menjadi armada primadona bagi pengguna angkutan umum di Jakarta. Bus yang dulu dioperasikan oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) ini dulu juga dikenal dengan sebutan bus roti tawar karena bentuknya.

Mitsubishi Fuso MR 400 Mitsubishi Fuso MR 400. (ANTARA Information/Basic N Distinctive Bus)

Selain menghadirkan Dodge 500, perusahaan angkutan asal Kutoarjo, Jawa Tengah, PO Sumber Alam juga bakal memamerkan bus Mitsubishi Fuso MR 400. Bus lawas Fuso ini memiliki ciri khas cangkang lampunya yang semua menonjol.

Mitsubishi Fuso Colt PS100 Mitsubishi Colt 100PS. (ANTARA Information/Basic N Distinctive Bus)

Dikenal sebagai Pownis, bus berbasis Mitsubishi Colt 100PS ini berbadan dari bahan kayu. Kendaraan kuno ini dilestarikan oleh PT Timah Tbk sebagai aset dan kendaraan wisata di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Bus berbadan kayu itu menjadi salah satu bus yang cukup digemari pengunjung sejak pameran digelar pada 2017 lalu. Bus ini menjadi salah satu ikon Kota Pangkalpinang.

Mercedes-Benz OH-1113 Mercedes-Benz OH-1113. (ANTARA Information/Basic N Distinctive Bus)
Bus ini dikenal dengan sebutan bus banteng yang menjadi bus rakitan massal pertama bersuspensi udara di Indonesia. Bus Neoplan ini memiliki rangka integral (monocoque) pertama yang dibuat oleh Karoseri Adiputro Wirasejati, Malang, Jawa Timur.

Bemo Bemo. (ANTARA Information/Basic N Distinctive Bus)

Bagi warga Jakarta tentu pernah mendengar angkutan umum berjuluk Bemo. Meski sudah lawas, kendaraan ini sampai sekarang masih sangat dikenal lantaran sering dihadirkan dalam film-film lawas mengenai kehidupan di Kota Jakarta.

Mitsubishi Colt Mitsubishi Colt T collection. (ANTARA Information/Basic N Distinctive Bus)

Mitsubishi Colt seri T ini dulu sangat terkenal, terutama yang seri T100 dan T120. Mobil ini dulunya banyak digunakan sebagai angkutan pedesaan dan perkotaan, sebagian dimodifikasi dengan pintu penumpang di belakang dan bangku memanjang disamping berhadapan.

Selain menghadirkan deretan model-model kuno itu, Indonesia Basic N Distinctive Bus 2019 juga akan menampilkan beberapa kendaraan klasik lainnya, termasuk truk ringan Chevrolet 1927 yang dirakit di Pabrik Perakitan GM di Tanjung Priok, serta bus eks KTT Non Blok 1991.

Baca juga: Pownis, bus kayu asal Bangka kini cuma tersisa dua unit

Baca juga: ARTIKEL - Membangkitkan kenangan lewat bus-bus klasik

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019

Komentar