BNPB: Usai Diguncang Gempa 5,3 SR, Dompu NTB Sempat Diterjang Banjir

Nasional

DETIK / Nasional 2 Views comments

Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 5,three skala Richter (SR) sempat terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (6/12) kemarin. Pada hari yang sama, banjir menerjang wilayah Dompu, NTB.

"Habis diguncang gempa 5,three SR pada 6/12/2018 pagi, sorenya diterjang banjir di Kec Kempo Kab Dompu NTB. 9 rumah rusak dan 120 rumah terendam banjir," kata Kepala Pusat Knowledge dan Informasi (Kapusdatin) BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter-nya, Jumat (7/12/2018).

Sutopo mengatakan banjir terjadi karena maraknya penebangan hutan. Hal ini terlihat dari sungai yang terbawa air banjir.


"Hutan makin rusak. Saat banjir sungai berisi kayu & sampah. Salah satu penyebab banjir di NTB adalah maraknya penebangan hutan," tambah Sutopo.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 5,three SR terjadi pada Kamis (6/12) pukul 08.02 WIB. Gempa tersebut berlokasi di darat pada jarak 10 kilometer arah barat laut Kota Mataram, NTB. Pusat gempa ada di kedalaman 10 kilometer.


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB Mohammad Rum mengatakan gempa mengakibatkan lima orang siswa SMPN three Narmada di Lombok Barat terluka saat berada di sekolah. Johan Saptadi dan Halilatun Naria mengalami kaki keseleo saat keluar ruangan kelas, sedangkan Malinda luka terkena engsel pintu saat ke luar kelas dalam kondisi berdesakan. Lalu siswa bernama RA Nasyi dan Bazmi mengalami pingsan karena kaget.

Sementara itu, di SMKN 2 Gerung Lombok Barat, ada dua siswa yang jadi korban. Ni Kadek Lasmini Dewi terluka di bagian kepala, sedangkan Febryanti luka di tangan kanan. Keduanya sudah dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapat perawatan medis.


"Sementara untuk wilayah Kabupaten Lobar masih dalam keadaan aman dan kondusif. Belum ditemukan dampak kerusakan fisik maupun korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa," ujar Rum saat dihubungi, Kamis (6/12).

Lanjut Rum, situasi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur, serta Kabupaten Sumbawa, sejauh ini masih aman dan kondusif. Dia mengatakan belum ditemukan dampak kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa.


(jbr/nvl)

Komentar