Banjir rendam belasan rumah di Sukabumi

Umum

Nasional / Umum 5 Views comments

Sukabumi  (ANTARA News) - Belasan rumah  di Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole,  Kota Sukabumi, Jawa Barat terendam banjir setinggi 20 sampai 30 cm akibat meluapnya Sungai Leles serta hujan deras yang turun sejak Kamis siang hingga sore.
 
"Hujannya cukup deras dari siang sehingga volume air sungai meningkat ditambah ada tanggul yang menjadikan sungai itu menjadi dangkal dan sempit," kata Ketua RW 06  Kampung Leles, Lukman di Sukabumi, Kamis.

Menurut Lukman, banjir seperti ini baru pertama kali terjadi di wilayahnya. "Dulu tidak pernah banjir seperti begini, ini merupakan yang pertama akibat aliran sungai sempit karena adanya tanggul," kata Lukman.

Warga lainnya, Dadang meminta kepada aparat setempat agar tanggul pintu air dibongkar saja supaya sungai tidak meluap ke rumahnya dan warga lainnya.

 Selain itu, ia mengakui, banjir itu juga disebabkan adanya penyumbatan oleh sampah di saluran-saluran yang menuju sungai.

Namun, saat ini air sudah mulai surut karena intensitas hujan mulai berkurang walaupun belum reda.

Relawan dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi masih melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak banjir tersebut.

Sementara di tempat terpisah hujan deras juga menyebabkan sungai yang berada di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi tepatnya berada di Jembatan Merah meluap hingga air menggenangi Jalan Raya Baros-Sukabumi.

Akibatnya arus lalu lintas terganggu, bahkan warga sekitar  yang harus melewati jembatan tersebut merasa takut karena air sungai sudah menutupi jembatan.

Baca juga: Wilayah Sukabumi diterjang longsor dan banjir
Baca juga: Kabupaten Sukabumi dilanda 101 kejadian bencana

 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar